Metode yang digunakan Manajemen Layanan Sistem Informasi
1.
Total Quality Management (TQM)
TQM adalah strategi manajemen yang ditunjukan untuk
menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi.
2.
Six Sigma
Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang
digunakan untuk mengganti Total Quality Management (TQM), sangat terfokus
terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami system produksi perusahaan
secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk menghilangkan cacat produksi,
memangkas waktu pembuatan produk, dan menghilangkan biaya.
3. Bisiness
Process Management (BPM)
BPM adalah suatu metode penyelarasan secara efisien
suatu organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM
merupakan suatu pendekatan manajemen holistic untuk meningkatkan efektivitas
dan efisiensi bisnis seiring upaya untuk mencapai inovasi, flesibilitas dan
integrase dengan teknologi.
4.
Capability Maturity Model Integration (CMMI)
CMMI adalah suatu pendekatan perbaikan proses yang
memberikan unsur-unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik
terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang
masing-masing ditunjukan untuk berbagai bidang yang berbeda.
Kerangka
Kerja (Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi
1.
Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL atau Information Technology Infrastructure
Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan
infrakstruktur, pengembangan, serta operaso teknologi informasi (TI). ITIL
diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik
pengelolaan (TI). Nama ITIL dan TI Infrastruktur Library merupakan merek dagang
terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
2.
Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
COBIT merupakan audit system informasi dan dasar pengendalian
yang dibuat oleh Information System Audit and Control Association (ISACA) danIT
Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
3.
Software Maintenance Maturity Model
4.
PRM_IT IBM’s Process Reference Model for IT
5.
Application Services Library (ASL)
Aplikasi Layanan Perpustakaan (ASL) adalah kerangka
kerja domain public dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi
proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem
informasi dan aplikasi. Istilah “perpustakaan” digunakan karena ASL disajikan
sebagai satu set buku yang menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri
TI. Hal ini dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka
hanya tersedia dalam Bahasa Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
6.
Business Information Services Library (BISL)
BiSL adalah standar domain publik sejak tahun 2005,
diatur oleh Lembaga ASL BiSL (sebelumnya Lembaga ASL). Kerangka kerja ini
menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi bisnis di strategi,
manajemen dan operasi tingkat. BiSL berkaitan erat dengan ITIL dan ASL
kerangka, namun perbedaan utama antara kerangka kerja ini adalah bahwa ITIL dan
ASL focus pada pasokan sisi informasi (tujuan organisasi TI), sedangkan BiSL
berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi pengguna akhir).
7.
Microsoft Operations Framework (MOF)
Microsoft Operation Framework (MOF) 4.0 adalah
serangkaian panduan yang bertujuan membantu teknologi informasi (TI)
professional menetapkan dan menerapkan layanan yang handal dan hemat biaya.
eSourcing Capability Model for Service Providers
(eSCM-SP) daneSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL)
dariITSqc for Sourcing Management
eSourcing Capability Model for Service Providers
(eSCM-SP) adalah suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie
Mellon University. eSCM-SP adalah “praktek terbaik” model kemampuan dengan tiga
tujuan :
Untuk memberikan penyedia layanan bimbingan yang akan
membantu mereka meningkatkan kemampuan mereka di seluruh sourcing siklus hidup
Untuk menyediakan klien dengan cara yang obyektif
mengevaluasi kemampuan penyedia layanan
Untuk menawarkan penyedia layanan standar untuk
digunakan saat membedakan diri dari pesaing.
Komentar
Posting Komentar