Pengertian, manfaat, Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi
PENGERTIAN
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode
pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif
konsumen layanan SI terhadap bisnis perusahaan.
Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus pada
proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja
dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin
ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau
detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya
penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan
sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna
teknologi informasi.
Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani
masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan
teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan software komputer untuk
dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang
digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat
lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan
non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang
memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung
kepada konsumennya.
MANFAAT
Adapun manfaat manajemen layanan sistem informasi
adalah sebagai berikut :
·
Meningkatkan akses data yang cepat tepat
waktu dan akurat bagi para pemakainya.
·
Dapat mengidentifikasi apa saja kebutuhan
kebutuhan bagi pelanggan
·
Dapat mengantisipasi dan memahami terhadap
kendala yang melibatkan teknologi baru
·
Dengan adanya manajemen layanan sistem
informasi dapat mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan atau keuntungan
yang lebih besar
Peranan
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Bagi lingkungan sekitar :
1.
Mendukung dalam bidang bisnis.
Penggunaan nya dapat membantu pengerjaan bisnis yang
berperan sebagai penunjang dalam kegiatan perusahaan. Biasanya penggunaan nya
secara rutin karena dapat menyeimbangi ke efektifan dan efisiensi dalam
produksi, melihat pasar dan menghitung keuntungan yang didapat.
2.
Pengambilan Keputusan Managerial.
Dalam layanan sistem informasi dapat berperan sebagai
pengambil keputusan yang ringkas. Membantu manager dalam sebuah perusahaan
menjalankan proses bisnis yang telah ditetapkan.dan membantu para manajerial
mengetahui kecenderungan dan dapat mengevaluasi yang diperoleh dengan
menyatakan dengan suatu keputusan yang tepat,cepat dan kompetibel.
3. Keunggulan Strategis perusahaan.
Peranan dalam strategi layanan sistem informasi dapat
membantu peningkatan strategi perusahaan dalam mengembangkan di sektor internal
maupun eksternal perusahaan. Dengan mengedepankan efesiensi dan efektivitas
penyelesaian nya.
4. Meningkatkan strategi yang sudah ada dengan
suatu layanan secara global .
Berperan sebagai layanan sistem informasi yang dapat
mendukung suatu peningkatan strategi yang ada serta menambahkan strategi baru
yang mampu mengimbangi strategi yang sebelumnya ditetapkan.
5.
Pengawasan tingkat menengah setelah pengawasan secara manual.
Layanan sistem informasi dapat berperan sebagai
pengawasan ekstra atau tambahan sebagai backup seluruh data di perusahaan.
6.
Perencanaan strategi perubahan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen,
peluang pasar di tempat lain).
Mampu merencanakan strategi dengan baik dalam
mengetahui selera konsumen, peluang-peluang yang ada secara merata dan
menyeluruh.
Sumber
Komentar
Posting Komentar